Toni_Kurosaki

Toni_Kurosaki
Bleach

Senin, 28 Februari 2011

Karate Indonesia Fokus ke Kejuaraan Pengganti



JAKARTA - Karateka Indonesia tak merasa minder gagal tampil di Jerman Terbuka 2009. Mereka justru semakin intensif menjalani latihan menjelang tampil di SEA Games (SEAG) 2009, Laos.

Ketua Pembinaan dan Prestasi PB FORKI Madju Daryanto Hutapea mengatakan, pihaknya sempat kecewa setelah visa 21 karateka Indonesia ditolak kedutaan besar Jerman.

"Kami tidak tahu apa penyebabnya, padahal mereka sangat bersahabat. Mereka beralasan baru akan memprosesnya tahun depan. Jelas ini tak mengenakkan bagi kami," ujarnya.

Pihaknya pun tak mengambil pusing ditolaknya visa 21 karateka Indonesia tanpa penjelasan jelas dari pemerintah Jerman tersebut. Pihaknya lebih mementingkan persiapan menghadapi beberapa kejuaraan yang akan dilalui 21 karateka Indonesia sebelum bertolak ke SEA Games (SEAG) 2009, Laos.

Karateka Indonesia pun mendapatkan pengganti Jerman Terbuka, yakni Turki Terbuka 25-26 Oktober mendatang. "Turki menjadi salah satu sasaran kami sebelum ke Laos. Kejuaraan ini juga menjadi pengganti kegagalan tampil di Jerman," ujar Madju.

Selain Turki, pihaknya juga akan mempersiapkan diri dengan seksama sebelum mengikuti Kejuaraan Asia Karate AKF di Guangzhou, China, 21-22 September 2009. Diharapkan kejuaraan ini semakin mematangkan persiapan karateka Indonesia sebelum ke Laos.

Kejuaraan terakhir yang akan dilalui karateka Indonesia adalah Asian Indoor Games di Vietnam, Oktober mendatang. "Kejuaraan ini juga jadi salah satu sasaran sebelum anak-anak ke Laos. Kami berharap semua kejuaraan itu akan dimaksimalkan dengan baik sebelum memetik hasil sempurna di Laos," paparnya.

PB FORKI pun akan mendatangkan pelatih khusus dari Jepang untuk memaksimalkan peran Indonesia di tiga kejuaraan itu, terutama puncaknya di SEAG. Sayang, Madju belum mau berkomentar siapa pelatih asal Negeri Sakura yang akan menangani karateka Indonesia tersebut.

Sementara itu, 21 karateka Indonesia yang masuk tim nasional kelompok kata adalah Faisal (individu putra) dan Flenty (individu putri). Kemudian Faisal, Azwar, dan Fidelis (beregu putra). Dewi, Yuli, dan Alit (beregu putri).

Di kelompok kumite putra, Umar Syarif (kelas +80 kg), Hendro Salim (-80 kg), Farael Mei Riski (-75 kg), Ismail Aswan (-70 kg), Ade Bagus (65 kg), dan Doni Dharmawan (60 kg). Sementara di kumite putri diperkuat oleh Jintar (+65 kg), Ayu (+60 kg), Yolanda (-60 kg), Puspita (+60 kg), Tantri (-60 kg), Yelovin (55 kg), Fitri (53 kg), dan Martinel (48 kg). (Edi Yulianto/Koran SI/tan)
 

Kandang Buaya Kematian di Australia




PERNAH ingin datang tatap muka dengan buaya hidup nyata? Nah, sekarang Anda dapat, datang ke theme park Crocosaurus Cove di Darwin, Australia.
Daya tarik Taman "Cage of Death", memungkinkan pengunjung untuk memiliki pertemuan-dekat dengan buaya dari dalam keselamatan tangki akrilik 4-cm-tebal yang memisahkan mereka dari "Choppa," seekor buaya air asin.

Pengunjung akan tenggelam di dalam tangki selama 15 menit sambil Choppa mencoba untuk mengambil dan menggigitnya.

Meskipun hal ini mungkin terdengar menarik bagi para pencari sensasi, daya tarik telah memicu kritik dari aktivis hak-hak hewan yang melihatnya sebagai cara kejam mengejek buaya dan mengganggu rumahnya.

Selain "Cage of Death," kawasan taman ini juga memiliki tujuh buaya dengan jendela melihat bawah air dan satu dengan area kolam di samping jendela sehingga pengunjung dapat melihat bagaimana rasanya berenang dengan buaya.

Pengunjung juga akan dapat melihat lebih dari 100 buaya, 200 ikan, 40 kura-kura dan 76 ular dan kadal, dan Burt, yang terkenal buaya untuk perannya dalam Crocodile Dundee.

Inilah Ultimatum BC pada Importir Film




JAKARTA - Jika tetap para importir film ngotot untuk tidak membayar tunggakan Bea Masuk royalti maka ditjen Bea dan Cukai tidak segan-segan untuk memblokir impor film bahkan melakukan penyitaan aset.

Dirjen Bea Cukai Thomas Sugijata mengatakan saat ini Bea dan Cukai sudah melayangkan surat bagi para importir film, dan jika pada 13 Maret 2011 masih tidak ada respon maka bea Cukai berhak mengadakan pemblokiran.

"Jadi diberi waktu 60 hari sampai 12 Maret 2011 untuk melakukan keberatan maupun bayar, jadi sudah dilakukan penagihan aktif," ujar Thomas di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Senin (28/2/2011).

Setelah tanggal tersebut, jelas Thomas, jika tidak ada respons maka kegiatan mengimpor yang biasa dilakukan tidak lagi akan dilayani. "Jadi 12 Maret tidak mengajukan banding, 13 Maret sudah diblokir tidak dilayani importasinya," ujarnya.

Lebih jauh, Thomas menjelasakan, jika pada hari ke-68, surat teguran tidak ditanggapi maka dirinya akan melayangkan surat paksa kepada si importir. Dengan demikian akan dilakukan penyitaan terhadap aset-aset importir untuk membayar utang bea masuknya.

"Penyitaan aset mereka untuk dibayarkan lelangnya," ujar Thomas.

Tunggangan Baru David Beckham



LOS ANGELES- Bintang sepak bola dan model iklan nan tampan asal Inggris, David Beckham yang kini bermigrasi di negeri Paman Sam, membeli sebuah mobil baru Chevrolet Camaro.

Terlahir dengan karunianya sebagai seorang bintang, Beckham dapat dengan mudah mengocorkan dananya untuk membeli sebuah mobil yang sesuai denganya seperti Camaro yang dapat digunakan untuk perjalanannya di Baverly Hills.

Setelah tiga bulan Beckham absen dari club sepak bolanya karena harus bermain di Tottenham, Inggris. Kini sekembalinya, Beckham terlihat sedang mengemudikan Chevrolet Camaronya, yang saat itu terlihat meninggalkan tempat latihan di clubnya LA Galaxy.

Diketahui, Camaro dua pintu tersebut memiliki tampilan warna yang sama dengan mobil kesayangannya yang telah di jual dengan harga 150.000 USD atau sekitar Rp 1,3 miliar, yaitu Porsche 911 warna matte black (hitam doff).

Semenjak ke pindahannya ke Los Angeles, Amerika, empat tahun yang lalu, Becks nama sapaanya, dikabarkan telah mengumpulkan beberapa koleksi mobil mahal. Beberapa di antara mobilnya buatan Amerika Serikat.

Becks sendiri memiliki mobil ternamaan seperti Cadillac Escalade dan Jeep Wrangler dengan warna matte black yang mirip dengan tank.

Untuk mobil keluarga, Becks juga memiliki sebuah Rolls Royce seharga 300.000 USD atau sekitar Rp 2,6 miliar, sebuah Range Rover Supercharged seharga 120.000 USD atau sekitar Rp 1 miliar serta Porsche 911 Turbo dengan tampilan warna putih.

Kawasaki Tetap Pede dengan Ninja 250 R



JAKARTA– Pabrikan sepeda motor berloga sayap Honda, beberapa hari lalu akhirnya resmi meluncurkan sepeda motor andalannya di kelas sport, CBR 250 R.

Menghadapi kemunculan rivalnya di segmen tersebut, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengaku tidak gentar, dan tetap merasa percaya diri dengan produk andalannya, Ninja 250 R.

“Saya kira masyarakat, diperkotaan bahkan hampir diseluruh Indonesia sudah begitu mengenal Ninja sebagai motor yang kencang dan berkualitas, dan imagenya cukup kuat,” ujar President Director PT KMI Shigeyo Ikemoto saat ditemui Okezone, di Jakarta.

Hal tersebut juga diamini oleh National Sales Manager PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Freddyanto Basuki, “Kita tidak menganggap mereka musuh. Karena dengan hadirnya CBR 250 R saya kira malah akan membuat pasar makin berkembang. bukannya rebutan kue, tapi jadi malah memperbesar kue yang sudah ada.”

“Dengan adanya banyak pilihan, konsumen pun akan belajar bagaimana memilih motor yang sesuai dengan kebutuhannya,” lanjut Freddy.

Tahun ini PT KMI menaikkan target penjualan Ninja 250 R sebanyak 15.000 unit, naik sekitar 3.000 unit dibanding tahun lalu yang terjual 12.000 unit.

Honda CBR 250 R sendiri hadir dengan mesin berkapasitas bersih 249 cc single silinder, yang mengunakan pasokan bahan bakar injeksi.

Sedangkan Kawasaki Ninja hadir dengan mesin berkapasitas sama, yang dilengkapi sistem pasokan bahan bakar karburator, meski demikian Ninja menggunakan dua buah silinder yang menghasilkan suara lebih gahar, namun enak didengar.

Kawasaki Ninja 250 dijual dengan harga Rp 46,5 juta. Sedangkan Honda CBR250R dilepas dengan harga Rp 39,9 juta untuk tipe standar dan Rp 46,5 juta untuk yang menggunakan fitur sistem rem anti mengunci (ABS).

Toyota Patenkan Desain Yaris Terbaru



JEPANG- Produsen mobil asal Jepang, Toyota, secara diam-diam dikabarkan telah memperkenalkan model hatchback dari Yaris (Vitz) TERBARU.

Mungkin, untuk menghindari duplikasi desain dari pabrikan lain yang tidak bertanggung jawab, Toyota lantas bergegas mematenkan desain mobil yang diperkenalkan pada bulan Desember 2010 lalu.

Model terbaru ini terlihat menggunakan fitur full body kit, dengan tampilan bumper depan baru serta desain grill yang sangat berbeda dibanging Yaris lama.

Selain itu juga Toyota menempelkan teknologi LED daytime running lamp, lalu pemanis sideskirt serta bumper belakang yang kini tampil dengan dilengkapi diffuser.

Spoiler belakang yang menggunakan lampu rem pun tampil serasi dengan pelek berdesain multi spoke, tentu hal ini akan sangat berbeda engan penampilan Yaris sebelumnya.

Diperkirakan, Yaris Sport ini memiliki posisi sebagai pengganti Yaris TS, sehingga kemungkinan akan menggunakan mesin berkapasitas 1.800 cc yang memiliki tenaga sebesar 133 HP.

Selain mesin dan tampilan baru, Toyota juga berencana untuk mengubah sistem suspensi dan rem mobil agar handlingnya menjadi lebih baik.



TIKUS untuk sebagian orang sangatlah menjijikkan, karena dia binatang pengerat dan hidup di gorong-gorong. Tapi, apakah Anda akan jijik dengan Tikus yang satu ini?

Tikus yang satu ini sudah pasti tidak menjijikkan, karena Pantai Tikus hanya menawarkan keindahan pantai yang masih sangat alami.

Pantai Tikus terletak di Kecamatan Sungai Liat, berdampingan dengan sebuah bukit yang terjal, masih alami, dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain memiliki memiliki bentuk pantai cekung, Pantai Tikus juga dihiasi pasir putih yang halus serta hamparan bebatuan besar dalam berbagai bentuk, warna, dan formasi. Semuanya adalah pesona unik yang menghiasi kawasan pantai dengan air laut yang biru menggoda.

Meskipun berdampingan dengan bukit dan air laut, namun akses menuju kawasan Pantai Tikus dapat dilalui dengan mudah berkat keberadaan jalan yang menyisir di sepanjang pantai.

Pemandangan pantai yang menakjubkan, alam yang masih segar, dan kemudahan akses menuju ke sana adalah aset berharga bagi Pantai Tikus untuk menjadi primadona pariwisata.

Masih jijik dengan Tikus yang satu ini?


INDONESIA memang kaya akan tempat wisata peninggalan masa lalu. Karenanya, banyak tempat wisata di Tanah Air yang dianggap sebagai warisan budaya dunia.

Setidaknya terdapat tiga tempat wisata di Indonesia yang dianggap Unesco sebagai warisan dunia. Berikut ketiga tempat wisata tersebut:

Candi Borobudur
Candi Borobudur mendapatkan pengakuan dari UNESCO pada tahun 1991. Merupakan candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Candi yang bila dilihat dari atas membentuk struktur Mandala (lambang alam semesta dalam kosmologi Buddha) ini tidak memakai semen sama sekali dalam pembangunannya, melainkan dengan sistem interlock (seperti balok Lego yang bisa menempel tanpa lem).

Candi Prambanan
Candi Prambanan mendapatkan pengakuan dari UNESCO pada tahun 1991. Merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi yang terletak 17 km dari pusat kota Yogyakarta ini dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, yakni Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini memiliki tiga candi utama di halaman utama, yakni Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu.

Situs Sangiran
Situs Sangiran diakui UNESCO pada tahun 1996. Merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di Jawa Tengah. Secara administratif terletak di kabupaten Sragen dan Karanganyar. Pada awalnya penelitian Sangiran adalah sebuah kubah yang dinamakan Kubah Sangiran. Puncak kubah ini kemudian terbuka melalui proses erosi sehingga membentuk depresi. Pada depresi itulah dapat ditemukan lapisan tanah yang mengandung informasi tentang kehidupan di masa lampau.

Di situs ini, kita bisa menemukan banyak informasi soal sisa-sisa kehidupan masa lampau. Selain itu, terdapat informasi lengkap tentang sejarah kehidupan manusia purba dengan segala hal yang ada di sekelilingnya. Dari soal tempat hidup, pola kehidupannya, satwa yang hidup bersamanya sampai proses terjadinya bentang alam dalam kurun waktu tidak kurang dari 2 juta tahun yang lalu.

Kekayaan Alam Indonesia yang Terselubung




INDONESIA memang negeri yang kaya akan keindahan alamnya. Bahkan, semua wisata dunia terkenal pun ada disini. Jadi kita tidak usah repot untuk berwisata keluar negeri lagi, cukup di Indonesia.

Jika anda ingin berlibur, cobalah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di bawah ini. Pasti anda akan serasa berlibur di luar negeri.

Raja Ampat Papua dan Phi Phi Island, Thailand
Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat. Pemandangan Raja Ampat Papua mirip dengan Phi Phi Island yang ada di Thailand bahkan lebih indah dari Phi Phi Island. Di Raja Ampat Papua kita bisa melihat Pulau-pulau yang berbukit-bukit hijau dengan air laut yang jernih.

Air terjun Moramo dengan Air terjun Niagara
Moramo adalah air terjun indah bertingkat tujuh yang terletak di kabupaten Konawe Timur, Sulawesi Tenggara. Air terjun ini tidak sebesar Niagara, tapi keindahannya tidak kalah dengan air terjun Niagara yang ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada itu. Dengan air terjun Moramo yang lebih kecil, kita bisa menikmati air terjun Moramo lebih dekat dan bisa mandi di air terjun dan tentunya hal ini tidak bisa kita lakukan di air terjun Niagara.


Green Canyon dengan Grand Canyon
Green Canyon terletak di desa Cijulang Ciamis, Jawa Barat. Di Green Canyon kita bisa melihat sungai berwarna hijau tosca yang diapit dengan bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Disana kamu juga akan melihat sungai yang menembus gua dengan keindahan batu-batu stalaktit dan stalakmitnya.

Alam sungai Cijulang yang mirip dengan ngarai-ngarai (canyon) di Grand Canyon Colorado, Amerika Serikat itu membuat daerah tersebut dikenal dengan nama ”Green Canyon”. Walaupun tidak sebesar Grand Canyon Amerika Serikat, Green Canyon Cijulang ini lebih hijau dibandingkan Grand Canyon di Amerika Serikat yang gersang.

Carstensz Pyramid dengan Mount Everest
Carstensz Pyramid dan Mount Everest merupakan bagian dari Seven Summit di 7 benua dunia. Carstensz Pyramid terletak di propinsi Papua. Kalau Mount Everest merupakan puncak tertinggi di dunia, Carstensz Pyramid merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Kedua puncak gunung tersebut sama-sama diselubungi oleh salju abadi.

Taman Nasional Baluran dengan padang savana Afrika
Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional Baluran sering dijuluki sebagai Afrika-nya Jawa. Disini kamu bisa melihat miniatur Savana Afrika dan banyak satwa liar yang berkeliaran mirip di Afrika. Pemandangan Gunung Baluran yang mirip Kilimanjaro beserta hamparan savana dan rumput yang mengering berwarna keemasan menambah kesan bahwa daerah ini memang benar mirip Afrika.

Taman Nasional Wasur dengan alam Australia
Taman nasional Wasur terletak di Merauke, Papua. Taman nasional Wasur, memiliki habitat dan satwa mirip Australia, yaitu hutan savana dengan berbagai jenis kanguru. Di dalam kawasan TN ini terdapat berbagai jenis fauna dan flora diantaranya adalah Burung Kasuari, Cenderawasih, dan Kanguru yang berukuran lebih kecil dibanding kangguru Australia.

Gunung Pasir Parangkusumo dengan gurun Sahara
Gumug Pasir Parangkusumo terletak di Yogyakarta. Gumug pasir merupakan gundukan-gundukan yang berisi material pasir di sepanjang Pantai Parangtritis-Parangkusumo sampai muara Sungai Opak. Hal ini merupakan fenomenal unik karena hanya satu-satunya di Asia Tenggara kita bisa melihat padang pasir seperti padang pasir sahara. Walaupun gundukan pasir ini tidak seluas Sahara tapi membuat seolah-olah kita berada di Gurun Sahara.

Hutan Kalimantan dengan hutan Amazon
Kalimantan memiliki hutan hujan tropis dengan beberapa flora dan fauna yang mirip dengan hutan Amazon. Contohnya adalah Pesut, ular anaconda dan beberapa hewan langka yang hanya ada di Kalimantan dan Amazon. Kehidupan alam dan hutan di Amazon tak jauh beda dengan hutan Kalimantan. Lembab, becek, berawa serta terdapat danau-danau kecil yang kaya akan kehidupan khas lahan basah. Sungai-sungai di Kalimantan yang mirip dengan sungai Amazon menambah kemiripan antara Kalimantan dan hutan Amazon

Pantai Kuta Bali dengan Pantai Waikiki Hawaii
Bali banyak menyimpan pesona alam yang eksotis. Keindahan pantainya banyak disejajarkan dengan keindahan pantai di Pulau Hawaii. Contohnya adalah pantai Kuta hampir mirip dengan Waikiki terutama pantainya yang ramai dengan pasir putih dan pohon kelapa yang tumbuh di pantai.

Taman Sakura Cibodas dengan Sakura Jepang
Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati keindahan Sakura. Di Kebun Raya Cibodas, kita bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953 yang akan berbunga pada sekitar bulan Januari-Februari atau Februari-Maret. Di Kebun Raya Cibodas telah ditanam ratusan pohon Sakura dengan 7 jenis tanaman. Sekarang kita bisa menikmati `hanami`(tradisi melihat bunga) tanpa harus pergi ke Jepang dengan melihat mekarnya bunga Sakura di Cibodas.

Ranu Kumbolo dengan hutan pinus Eropa
Ranu Kumbolo terletak di Jawa Timur, sebuah danau di pegunungan Semeru dengan ketinggian 2500 meter di atas permukaan air laut. Disana juga terdapat padang rumput yang dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah, padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti di Eropa.

Ketika suhu berada di bawah 0°c , kadang-kadang terjadi hujan salju kecil. Jika suhu sangat dingin pinggir-pinggir danau ranukumbolo bisa membeku, dan juga terlihat rumput-rumput yang memutih seperti salju karena embun yang membeku di rerumputan yang membuat suasana seperti di Eropa.

Way kambas dengan Hutan India
Way Kambas Sumatera memiliki satwa yang mirip dengan satwa yang ada di hutan India seperti gajah, harimau, Badak dan beberapa hewan lain. Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terletak di propinsi Lampung. Di Way Kambas ada wisata naik gajah sehingga kita bisa merasakan sensasi seperti raja-raja India yang konon bepergian dengan menunggang gaja
(uky)

Oknum Polisi Hajar Jemaat Gereja



Senin, 28 Februari 2011 21:14 wib


GUNUNGKIDUL - Salah seorang oknum anggota Intelkam Kepolisian Resort Gunungkidul, Yogyakarta, berinisial Her (28), diduga memukuli tiga jemaah Gereja Bethel Indonesia (GBI) saat pulang kebaktian pada Sabtu malam.

Dari informasi yang dikumpulkan, waktu itu korban pulang dari kegiatan gereja. Sesampainya di daerah Taman Bunga Kota Wonosari, tiba- tiba pelaku menghampirinya dengan sebuah mobil bersama teman temannya.

Pelaku langsung turun dan memukul muka Er. Aksi ini langsung dilerai dua teman korban, namun justru keduanya juga diamuk pelaku. Aksi gaduh ini akhirnya berhasil diselesaikan dan korban diamankan para jemaat lainnya.

Kontan keributan tersebut memicu perhatian masyarakat sekitar untuk melerai. Selang beberapa saat kemudian, muncul beberapa petugas polisi mendatangi lokasi untuk meminta keterangan kejadian pemukulan tersebut.

Dihubungi melalui ponselnya Kanit Provost Polres Gunungkidul Iptu Suharyanto membenarkan kejadian tersebut, dan pihaknya sudah memeriksa pelaku, kini sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

“Benar memang ada sedikit insiden kecil, namun sudah diselesaikan secara kekeluargaan,” terangnya. Ketika disinggung mengenai dugaan jika anggota polisi tersebut sebelumnya meneguk minuman keras sehingga dirinya mabuk, Suharyanto dengan tegas membantahnya.
(ful)

Minggu, 27 Februari 2011

SEJARAH BUKIT TANGKILING

INGAT kisah Sangkuriang. itu jejaka Sunda yang berniat menikaihi ibunya sendiri. Dayang Sumbi? Di Kalimantan Tengah ada dongeng rakyat serupa tentang seorang pemuda Dayak, Tangkiling namanya. Tapi berbeda dengan Sangkuriang, Tangkiling ini sudah berhasii bermalam pengantin dengan ibunya. Baru setelah kedua ibu dan anak itu tidur seranjang dalam bahtera (banama) milik Tangkiling, ibunya mengenali kembali anaknya yang lari dari rumah karena diketok kepalanya dengan ciduk penggoreng 35 tahun berselang. Makanya kutukan Dewata lebih dahsyat pada Tangkiling dan ibunya ketimhang Dayang Sumbi & Sangkuriang. Tangkiling dan enam orang kawannya musnah disambar petir lantas berubah jadi batu, begitu pula bahtera milik Tangkiling. Sedang sang ibu terkungkung hidup-hidup dalam bahtera batu yang letaknya 30 Km dari Palangkaraya, sampai kini.
Begitulah cerita Damang Tero, Kepala Adat di desa Tangkiiing yang masih beragama Kaharingan pada setiap pengunjung yang masih percaya pada kesaktian Bawi Kuwu (wanita pingitan) dalam Batu Banama di puncak bukit Tangkiling itu. Desa Tangkiling kini dihubungkan dengan jalan aspal - boulevard terbagus di seluruh Kalimantan Tengah, kata orang - sampai ke Palangkaraya. Soalnya, bukit-bukit granit di desa Tang ling itu semenjak Kal-Teng menjadi propinsi sendiri merupakan sumber batu bangunan yang utama bagi pembangunan kota Palangkaraya. Banyak transmigran dari Jawa yang drop-out dari sektor pertanian bekerja menambang batu granit di Tangkiling yang kini menjadi obyek pariwisata satu-satunya bagi penghuni Palangkaraya. Nah, di puncak bukit yang tertinggi lewat jalan setapak yang cuma 1? Km jauhnya terletak batu banama (batu bahtera) itu. Tinggi batu yang bagian bawahnya lancip seperti limas kapal itu, kira-kira 2 x tinggi orang dewasa, dan panjangnya 10 meter. Dari jauh nyaris tak tampak karena ditumbuhi pepohonan dan semak-semak, lengkap dengan akar-akar gantungnya. Namun kalau didekati, bentuknya yang seperti kapal itu memang tampak menyolok. Mungkin dari situlah berkembang cerita rakyat, bahwa batu itu dulunya bahtera si Tangkiling ratusan atau ribuan tahun yang lalu, ketika desa itu masih terletak di pinggir laut. Dan memang, pasir putih yang merupakan fundasi kota Palangkaraya sekarang dan struktur geologis bagian selatan Kalimantan dulunya masih berujud laut ketika pedalaman Kal-Teng sudah berujud hutan. Pada zaman bahari itulah di desa tadi ada seorang perempuan muda dengan anak satu-satunya, Tangkiling.
Pada suatu hari Tangkiling pulang tengah hari merengek-rengek minta makan, sementara ibunya sedang menggoreng nasi dalam rinjing (kuali). Karena dia tak mau berhenti merengek-rengek, ibunya yang penasaran mengetok kepalanya dengan suduk rinjing (sendok penggoreng). Tangkiling bukannya berhenti menangis, tapi lari ke pelabuhan dengan luka di kepalanya. Di sana ada kapal yang kebetulan mau bertolak, dan Tangkiling pun ikut berlayar meninggalkan kampung halamannya. Nasib mujur rupanya menyertai Tangkiling dalam pengembaraannya itu. Seorang saudagar pelayar mengangkatnya sebagai anak. Dan ikutlah dia berlayar ke mancanegara. Setelah lama bekerja di bawah ayah angkatnya itu, satu ketika Tangkiling diberi kapal banama sendiri oleh ayah angkatnya, dan Tangkiling pun menjadi saudagar yang kaya dan beken di luar negerinya. Setelah 35 tahun meninggalkan kampung halaman, tanpa disadarinya bisnis Tangkiling menyebabkan dia singgah di pelabuhan kampung halamannya.
Mirip kisah si Malin Kundang di Sumatera Barat. Sementara ditinggal anak lelakinya, sang ibu yang rupanya tak bersuami resmi kembali masuk kuwu (semacam 'biara' tempat gadis-gadis yang belum bersuami 'diamankan' dari khalayak ramai). Makanya dalam legenda Dayak, ibu Tangkiling itu hanya dikenal dengan sebutan 'Bawi Kuwu'. Dan seperti juga dalam legenda Sangkuriang di Sunda, Bawi Kuwu tetap awet muda berkat jamu-jamu Dayak sebangsa tabat Banto dan sejenisnya. Makanya, ketika saudagar muda yang kaya raya itu turun dari bahtera dan berjalan-jalan di kampung halamannya sendiri (yang sudah tak diingatnya lagi), tiba-tiba dia terkesima melihat seorang perempuan -- ibunya sendiri -- turun dari kuwu. Keduanya serta merta jatuh cinta. Tangkiling tidak menunggu lama-lama. Bawi Kuwu segera dilamarnya dan lamaran itu pun kontan diterima. Pandai Menjahit Sesuai dengan ketentuan adat, mereka tidak segera kawin. Sebulan lamanya anak-buah Tangkiling menyiapkan pesta perkawinan yang meriah. Sesudah menikah Tangkiling tidak segera berangkat berlayar lagi, tapi masih tetap parkir di pelabuhan itu. Baru setelah tiga bulan bermesra-mesraan, rahasia ibu dan anak itu terbongkar. Tangkiling yang gondrong rambutnya itu minta ibunya menumpas kutu-kutu di rambutnya, dan tersingkaplah parut luka dari masa bocahnya. Bawi Kuwu terkejut, lalu buru-buru menanyakan asal-usul parut itu. Begitu Tangkiling selesai menceritakan riwayat insiden yang menyebabkannya lari dari rumah, ibunya pingsan. Tangkiling pun baru sadar, bahwa dia telah jadi korban sang Oedipus. Kontan ibu dan anak itu bercerai, dan Tangkiling pun lari ke hutan sementara ibunya saking malunya, tak berani turun dari bahtera.
Tangkiling tidak lari untuk menjauhkan diri, tapi untuk menebus dosanya sesuai dengan tuntutan adat. Bersenjata sumpit saja, dia bunuh sejumlah babi hutan dan menjangan untuk binatang kurban, lantas dia kembali ke kampung. Semua orang kampung diundangnya menghadiri pesta penebusan dosa. Pada saat hadirin sudah mabuk dan kekenyangan setelah menyantap suguhan Tangkiling, Raja Pali (Dewa Kilat) yang menjadi asisten Raja Tontong Matanandu (dewa tertinggi di alam-atas) mengirimkan kilatnya untuk menghukum Tangkiling yang telah melanggar hukum Pali (tabu). Tangkiling dan keenam pengawalnya berubah jadi batu. Begitu pula bahtera Tangkiling yang menjadi Batu Banama di bukit Tangkiling sekarang. Bawi Kuwu, terkurung hidup-hidup dalam Batu Banama itu. Riwayat Bawi Kuwu yang cantik jelita itu belum berakhir. Dia dikisahkan pintar menjahit pakaian, dan orang-orang yang percaya dapat memasukkan kain dalam salah satu celah di sisi samping bahtera batu itu, dan pakaian yang sudah terjahit akan ke luar dari situ. Namun suatu ketika, ada seorang Bagumpai (suku Dayak yang sudah masuk Islam, di perbatasan Kal-Sel/Kal-Teng) yang penasaran ingin melihat puteri yang cantik dan pintar menjahit itu. Dipancingnya Bawi Kuwu dengan sepotong kain untuk mengeluarkan tangannya dari celah itu. "Begitu tangan Bawi Kuwu terjulur dari celah, disambarnya tangan perempuan itu", tutur Damang Tero pada TEMPO.
Namun Bawi Kuwu tetap juga tak dapat diseret ke luar. Saking jengkelnya, orang Bagumpai tadi menghunus parangnya, dan memancung tangan puteri nan malang itu. Sejak saat itu, celah itu tertutup, dan sang puteri yang sudah buntung tangannya itu tak lagi mau melayani pesanan jahitan tanpa bayaran itu. Kini, setelah banyak orang Dayak masuk Kristen atau Islam, tak banyak lagi yang datang bersemedi ke batu itu mohon ini dan itu. Namun orang luar yang singgah ke Palangkaraya, biasanya tak lupa diantar oleh tuan rumahnya mengunjungi batu itu guna melihat betapa miripnya karya alam itu dengan bahtera kayu ciptaan manusia. Dan juga bagi pasangan muda-mudi yang sedang dirasuk cinta, naik ke atas batu itu dengan memanjat tangga kayu dan akar-akar yang bersliweran membuka peluang untuk berpacaran dengan aman. Asal permisi dulu pada Bawi Kuwu dan puteranya yang malang, yang namanya sudah diabadikan lewat nama desa di tepi sungai Rungan itu.

Download Soundtrack Kamen Rider OOO

klik disini

Download album L'arc~en~Ciel accoustic guitar

klik disini

Download Lagu Rohani Kristen Allah Sumber Kuatku

klik disini

Chord Bondan Prakoso & Fade 2 Black Kita Selamanya

Intro : C G/B Am G F Em Dm G

eiyo… it’s not the end, it’s just beginning

C G/B Am G F Em Dm G
ok detak detik tirai mulai menutup panggung
tanda skenario… eyo… baru mulai diusung
lembaran kertas barupun terbuka
tinggalkan yang lama, biarkan sang pena berlaga
kita pernah sebut itu kenangan tempo dulu
pernah juga hilang atau takkan pernah berlalu
masa jaya putih biru atau abu-abu (hey)
memori crita cinta aku, dia dan kamu

C G/B Am G F Em Dm G
saat dia (dia) dia masuki alam pikiran
ilmu bumi dan sekitarnya jadi kudapan
cinta masa sekolah yang pernah terjadi
dat was the moment a part of sweet memory
kita membumi, melangkah berdua
kita ciptakan hangat sebuah cerita
mulai dewasa, cemburu dan bungah
finally now, its our time to make a history

Chorus :
C G/B Am G
bergegaslah kawan tuk sambut masa depan
F Em Dm G
tetap berpegang tangan, saling berpelukan
C G/B Am G
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan
F Em Dm G
kenanglah sahabat kita untuk slamanya

C G/B Am G F Em Dm G
satu alasan kenapa kau kurekam dalam memori
satu cerita teringat didalam hati
karena kau berharga dalam hidupku, teman
untuk satu pijakan menuju masa depan

saat duka bersama, tawa bersama
berpacu dalam prestasi (huh) hal yang biasa
satu persatu memori terekam
didalam api semangat yang tak mudah padam

kuyakin kau pasti sama dengan diriku
pernah berharap agar waktu ini tak berlalu
kawan kau tahu, kawan kau tahu kan?
beri pupuk terbaik untuk bunga yang kau simpan

Chorus :
C G/B Am G
bergegaslah kawan tuk sambut masa depan
F Em Dm G
tetap berpegang tangan, saling berpelukan
C G/B Am G
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan
F Em Dm G
kenanglah sahabat kita untuk slamanya

Int : C G/B Am G F Em Dm G 2x

Chorus :
C G/B Am G
bergegaslah kawan tuk sambut masa depan
F Em Dm G
tetap berpegang tangan, saling berpelukan
C G/B Am G
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan
F Em Dm G
kenanglah sahabat

C G/B Am G
bergegaslah kawan tuk sambut masa depan
F Em Dm G
tetap berpegang tangan, saling berpelukan
C G/B Am G
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan
F Em Dm G
kenanglah sahabat kita untuk slamanya

C G/B Am G
bergegaslah kawan tuk sambut masa depan
F Em Dm G
tetap berpegang tangan, saling berpelukan
C G/B Am G
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan
F Em Dm G
kenanglah sahabat kita untuk slamanya

En : C G/B Am G F Em Dm G C

Allah Sumber Kuatku

Key: G

G C/G G C/G
Hanya Kau milikku disurga
G C/G Dm G7
Tiada yang kuingini dibumi hanya Kau
CM7 Bm Em Am D G
Tak ku andalkan kekuatanku
CM7 Bm Em Am D
Namun yang pasti Kau tetap s'lamanya

C Bm Em
Allah sumber kuatku
Am D G
Allah sumber kuatku
C Bm Em Am Bm D
Allah sumber kuatku dan bagianku s'lama - nya
C Bm Em
Allah sumber kuatku
Am D G
Allah sumber kuatku
C Bm Em Am Bm D
Allah sumber kuatku dan bagianku slama - nya
G C/G G
slamanya slamanya

Sabtu, 26 Februari 2011

Kamen Rider OOO

Kamen Rider OOO (仮面ライダーオーズ/OOO Kamen Raidā Ōzu?) is the twelfth series in the Heisei period run of the Kamen Rider Series, and the twenty-first overall. It began airing on September 5, 2010, the week following the conclusion of Kamen Rider W,[1] joining Tensou Sentai Goseiger and then Kaizoku Sentai Gokaiger in the Super Hero Time lineup. The series' titular Kamen Rider made a cameo appearance in the film Kamen Rider W Forever: A to Z/The Gaia Memories of Fate. The catchphrase for the series is "I'll transform!!!" (俺が変身する!!! Ore ga henshin suru!!!?).
Production

The Yamano Beauty Special School in Shibuya, Tokyo, stands in for the lavish offices of Kamen Rider OOO's Kougami Foundation.

OOO is written by Yasuko Kobayashi, known for the screenplays of Seijuu Sentai Gingaman, Mirai Sentai Timeranger Kamen Rider Ryuki, Den-O, and Samurai Sentai Shinkenger. The creature designers are Yutaka Izubuchi, known for his work on the Lords in Kamen Rider Agito, and Tamotsu Shinohara, known for his work on the Mirror Monsters of Ryuki and the Orphnoch of Kamen Rider 555.[1] Unlike several previous Heisei Rider Series, no alternate name has been given yet for the three O's in the title (W(ダブル) read as "Double" and 555(ファイズ) read as "Φ's/Phi's/Faiz") aside from an alternate spelling of the name of the main Kamen Rider: Ooz.[2] Both "OOO" and "Ooz" are intended to be read as "O's", referring to the multiple uses of the letter O in the title as well as "multiple kings" (王s Ōzu?). The title OOO signifies the three medals that the main Kamen Rider uses to transform as well as being representative of the infinity symbol () with an additional circle.
[edit]
Story
Main article: List of Kamen Rider OOO characters

Eiji Hino is a man who has no dreams, no job, and no family. When animal-like monsters called Greeed awaken after their 800 year slumber to attack humans and feed off of their desire, a bird-type Greed called Ankh gives Eiji a belt and three Medals to fight the Greed. This allows Eiji to become Kamen Rider OOO. The mysterious Kougami Foundation approaches him and begins assisting him in his fight against the Greed, but their true motives are not clear. When Eiji fights for the first time, he starts to realize what it means "to be alive".[1]
[edit]
Episodes
Main article: List of Kamen Rider OOO episodes

Each episode title of Kamen Rider OOO consists of three objects featured in the episode.
Medals, Underwear, and a Mysterious Arm (メダルとパンツと謎の腕 Medaru to Pantsu to Nazo no Ude?)
Desire, Ice Pops, and Presents (欲望とアイスとプレゼント Yokubō to Aisu to Purezento?)
A Cat, Evolution, and a Glutton (ネコと進化と食いしん坊 Neko to Shinka to Kuishinbō?)
Doubt, a Picture Message, and a Helping Hand (疑いと写メと救いの手 Utagai to Shame to Sukui no Te?)
A Game of Tag, a Nest, and a Rich Girl (追いかけっこと巣とセレブ Oikakekko to Su to Serebu?)
Fashion, a Contract, and the Strongest Combo (お洋服と契約と最強コンボ Oyōfuku to Keiyaku to Saikyō Konbo?)
A Lousy Husband, a Trap, and a Jackpot (ダメ亭主と罠と大当たり Dame Teishu to Wana to Ōatari?)
Sabotage, Having No Greed, and Taking a Break (サボりと無欲と休憩中 Sabori to Muyoku to Kyūkeichū?)
Drenched, the Past, and the Scorching Combo (ずぶぬれと過去と灼熱コンボ Zubunure to Kako to Shakunetsu Konbo?)
A Fist, an Experiment, and a Super Bike (拳と実験と超バイク Kobushi to Jikken to Chō Baiku?)
A Traveller, a Swallowtail, and a Celebrity (旅人とアゲハ蝶と有名人 Tabibito to Agehachō to Yūmeijin?)
An Eel, the World, and the Gravity Combo (ウナギと世界と重力コンボ Unagi to Sekai to Jūryoku Konbo?)
A Siamese Cat, Stress and the Genius Surgeon (シャム猫とストレスと天才外科医 Shamu Neko to Sutoresu to Tensai Gekai?)
Pride, Surgery, and a Secret (プライドと手術と秘密 Puraido to Shujutsu to Himitsu?)
The Medal Struggle, the Transport Truck, and the Container (メダル争奪と輸送車と器 Medaru Sōdatsu to Yusōsha to Utsuwa?)
An End, the Greeed, and a New Rider (終末とグリードと新ライダー Shūmatsu to Gurīdo to Shin Raidā?)
The Kendo Girl, Oden, and the Splitting Yummy (剣道少女とおでんと分離ヤミー Kendō Shōjo to Oden to Bunri Yamī?)
Destruction, Motives, and the Eel Whip (破壊と理由とウナギムチ Hakai to Riyū to Unagi Muchi?)
The Red Medal, the Detective, and Betrayal (赤いメダルと刑事と裏切り Akai Medaru to Keiji to Uragiri?)
A Decoy, the Qualifications, and the Blazing Combo (囮(おとり)と資格と炎のコンボ Otori to Shikaku to Honō no Konbo?)
The Grasshopper, the Father and Son, and the Ally of Justice (バッタと親子と正義の味方 Batta to Oyako to Seigi no Mikata?)
Chocolate, Faith, and the Power of Justice (チョコと信念と正義の力 Choko to Shinnen to Seigi no Chikara?)
Beauty, the Egg, and the Sleeping Desire (キレイと卵と眠る欲望 Kirei to Tamago to Nemuru Yokubō?)
Memories, Love, and the Marine Combo (思い出と恋と海のコンボ Omoide to Koi to Umi no Konbo?)
[edit]
Films
[edit]
A to Z/The Gaia Memories of Fate
Main article: Kamen Rider W Forever: A to Z/The Gaia Memories of Fate

The character of Eiji Hino (portrayed by Watanabe) and Kamen Rider OOO make their debut appearance in Kamen Rider W's second film Kamen Rider W Forever: A to Z/The Gaia Memories of Fate.
[edit]
Movie War Core
Main article: Kamen Rider × Kamen Rider OOO & W Featuring Skull: Movie War Core

After the end credits of W Forever, a short teaser featuring Kamen Rider Double and Kamen Rider OOO states that there will be a crossover film featuring both series' characters, much like Kamen Rider × Kamen Rider W & Decade: Movie War 2010. It is titled Kamen Rider × Kamen Rider OOO & W Featuring Skull: Movie War Core (仮面ライダー×仮面ライダーオーズ&ダブル feat.スカル MOVIE大戦CORE Kamen Raidā × Kamen Raidā Ōzu ando Daburu feat. Sukaru: Mūbī Taisen Koa?). As part of it, OOO's film Kamen Rider OOO: Nobunaga's Desire (仮面ライダーオーズ ノブナガの欲望 Kamen Raidā Ōzu Nobunaga no Yokubō?) opened in Japanese theaters on December 18, 2010.[3]
[edit]
Kamen Rider 40th anniversary film
Main article: OOO, Den-O, All Riders: Let's Go Kamen Riders

OOO, Den-O, All Riders: Let's Go Kamen Riders (オーズ・電王・オールライダー レッツゴー仮面ライダー Ōzu Den'ō Ōru Raidā: Rettsu Gō Kamen Raidā?)[4], set for release on April 1, 2011, will commemorate the 40th anniversary of the Kamen Rider Series featuring the cast and characters of Kamen Rider Den-O, Kamen Rider OOO, and other characters from the past franchise series.[5]
[edit]
OOO film

As with every year, Kamen Rider OOO will appear in his own film that is released in theaters in the summer, double-billed with the year's Super Sentai Series. A set of films for OOO and Kaizoku Sentai Gokaiger are currently set for release on on August 6, 2011.[6]
[edit]
Video game

A port of Kamen Rider: Climax Heroes titled Kamen Rider: Climax Heroes OOO (仮面ライダー クライマックスヒーローズ オーズ Kamen Raidā Kuraimakkusu Hīrōzu Ōzu?) was released on both the PlayStation Portable and Nintendo Wii on December 2, 2010. In addition to adding Kamen Rider OOO to the game, the previous Heisei Riders' most powerful forms (e.g., Kuuga Ultimate Form & Double CycloneJoker Xtreme) are added as playable characters as well as other Heisei Kamen Riders not included in either of the two previous versions.[7][8]
[edit]
Cast
Eiji Hino (火野 映司 Hino Eiji?): Shu Watanabe (渡部 秀 Watanabe Shū?)[9]
Ankh/Shingo Izumi (アンク/泉 信吾 Anku/Izumi Shingo?): Ryosuke Miura (三浦 涼介 Miura Ryōsuke?)
Hina Izumi (泉 比奈 Izumi Hina?): Riho Takada (高田 里穂 Takada Riho?)
Shintaro Goto (後藤 慎太郎 Gotō Shintarō?): Asaya Kimijima (君嶋 麻耶 Kimijima Asaya?)
Erika Satonaka (里中 エリカ Satonaka Erika?): Mayuko Arisue (有末 麻祐子 Arisue Mayuko?)
Chiyoko Shiraishi (白石 千世子 Shiraishi Chiyoko?): Marie Kai (甲斐 まり恵 Kai Marie?)
Kousei Kougami (鴻上 光生 Kōgami Kōsei?): Takashi Ukaji (宇梶 剛士 Ukaji Takashi?)
Kiyoto Maki (真木 清人 Maki Kiyoto?): Yu Kamio (神尾 佑 Kamio Yū?)[10]
Akira Date (伊達 明 Date Akira?): Hiroaki Iwanaga (岩永 洋昭 Iwanaga Hiroaki?)
Uva (ウヴァ?): Yūsuke Yamada (山田 悠介 Yamada Yūsuke?)[11]
Kazari (カザリ?): Taito Hashimoto (橋本 汰斗 Hashimoto Taito?)[11]
Gamel (ガメル Gameru?): Hiroyuki Matsumoto (松本 博之 Matsumoto Hiroyuki?)[11]
Mezool (メズール Mezūru?, Voice): Yukana (ゆかな?)[11]
Mezool (Human Form) (メズール(人間形態) Mezūru (Ningen Keitai)?): Honoka Miki (未来 穂香 Miki Honoka?)
O Scanner Voice (オースキャナー音声 Ōsukyanā Onsei?): Akira Kushida (串田 アキラ Kushida Akira?)
Narration, Birth Driver Voice, Birth Buster Voice (ナレーション、バースドライバー音声、バースバスター音声 Narēshon, Bāsu Doraibā Onsei, Bāsu Basutā Onsei?): Jōji Nakata (中田 譲治 Nakata Jōji?)
[edit]
Guest cast
Masaru Hashimoto (橋本 勝 Hashimoto Masaru?, 17-18): Mitsuomi Takahashi (高橋 光臣 Takahashi Mitsuomi?)
Yumi Sakura (佐倉 優美 Sakura Yumi?, 23-24): Erena (英玲奈?)
[edit]
Suit actors
Kamen Rider OOO: Seiji Takaiwa (高岩 成二 Takaiwa Seiji?)
Ankh, Kamen Rider Birth: Eitoku (永徳?)
Uva: Kazuya Okada (岡田 和也 Okada Kazuya?)
Kazari: Jun Watanabe (渡辺 淳 Watanabe Jun?)
Gamel: Masashi Takada (高田 将司 Takada Masashi?)
Mezool: Satoshi Fujita (藤田 慧 Fujita Satoshi?)
[edit]
Songs
Opening theme
"Anything Goes!"[12][13][14]
Lyrics: Shoko Fujibayashi
Composition: Tatsuo (of everset and Galveston 19)
Arrangement: Tatsuo & Kōtarō Nakagawa
Artist: Maki Ohguro (大黒 摩季 Ōguro Maki?)[15][16][17]
"Anything Goes!" is scheduled for release on November 17, 2010. It will be released as a standard CD and a CD+DVD combo pack.[14] The rapping on the song was performed by Rah-D, who provides his vocal talent in some of the show's background music.[18]
Ending themes
"Regret nothing ~Tighten Up~"
Lyrics: Shoko Fujibayashi
Composition & Arrangement: Shuhei Naruse
Artist: Eiji Hino (Shu Watanabe)
Episodes: 5, 7, 13
"Regret nothing ~Tighten Up~" was recorded throughout late September 2010 and recording completed on October 2, 2010. Shuhei Naruse is the song's producer and it is performed by Shu Watanabe under the name of his character Eiji Hino[19] with Akira Kushida providing the "Ta-To-Ba" beat. It was first used in the October 3, 2010, episode.[20] The pronunciation of "Tighten Up" is intended to mimic the pronunciation of "Tatoba". When played during scenes with other Combos, the "Tatoba" chant is removed from the song.[21] The single for "Regret nothing ~Tighten Up~" features a ska arrangement by trombone player Eijiro Nakagawa.
"Got to keep it real"
Lyrics: Shoko Fujibayashi
Composition & Arrangement: Shuhei Naruse
Artist: Eiji Hino (Shu Watanabe)
Episodes: 6, 16
The title of "Got to keep it real", Gatakiriba Combo's theme song, was revealed on Shu Watanabe's official blog on Gree.jp.[22] In this song, Akira Kushida provides the "Gata-Kiri-Ba" beat. The pronunciation of "Got to keep it real" is intended to resemble the pronunciation of "Gatakiriba".[21] The single for "Got to keep it real" features a trance arrangement by Yoichi Sakai.
"Ride on Right time"
Lyrics: Shoko Fujibayashi
Composition & Arrangement: Shuhei Naruse
Artist: Eiji Hino (Shu Watanabe)
Episodes: 9, 10, 15
"Ride on Right time" is Latorartar Combo's theme song. Like the other themes, it features Akira Kushida chanting the name of the Combo and the pronunciation resembles the name of the Combo. The single for "Ride on Right time" features a "mixture" arrangement by Shamo and Florida Keys member Junichi "Igao" Igarashi.
"Sun goes up"
Lyrics: Shoko Fujibayashi
Composition & Arrangement: Shuhei Naruse
Artist: Eiji Hino (Shu Watanabe)
Episodes: 12
"Sun goes up" is Sagohzo Combo's theme song. Like the other themes, it features Akira Kushida chanting the name of the Combo and the pronunciation resembles the name of the Combo.
"Time judged all"
Lyrics: Shoko Fujibayashi
Composition & Arrangement: Shuhei Naruse
Artist: Eiji Hino×Ankh (Shu Watanabe & Ryosuke Miura)
Episodes: 20, 22, 23
On January 12, 2011, Shu Watanabe announced on his Gree blog that he was recording a new song for OOO, specifically for the "red bird guy" (赤い鳥のヤツ akai tori no yatsu?).[23] The song has since been revealed to be titled "Time judged all", the theme for Tajadol Combo, and is a duet with Ryosuke Miura as Ankh.[24] As with the other songs, this song's title is meant to looks like the Combo's name, and features Akira Kushida chanting the Combo's name. However, in "Time judged all" Kushida is joined by a choir calling out Ankh's name.

The first soundtrack for Kamen Rider OOO was released on November 17, 2010; it includes an edit of the series' opening theme "Anything Goes!".[25]
[edit]
References
^ a b c Uchusen, Vol. 129
^ Hyper Hobby, September 2010
^ "CINEMA GINSEI /シネマハーヴェストウォーク". September 5, 2010. Retrieved September 5, 2010.
^ "新着情報|三宮シネフェニックス". Retrieved 2010-12-21.
^ "仮面ライダー1号 39年ぶり“主演映画”(芸能) ― スポニチ Sponichi Annex ニュース". December 28, 2010. Retrieved 2010-12-28.
^ "劇場版 仮面ライダーオーズ/海賊戦隊ゴーカイジャー". January 19, 201. Retrieved January 19, 2011.
^ "『仮面ライダー クライマックスヒーローズ オーズ』がPSPとWiiで登場 - ファミ通.com". August 9, 2010. Retrieved August 9, 2010.[dead link]
^ "『仮面ライダー クライマックスヒーローズ オーズ』がPSPとWiiで登場 [pixiv]". August 9, 2010. Retrieved August 9, 2010.
^ "新ライダーはジュノンボーイ!". July 1, 2010. Retrieved 2010-07-01.[dead link]
^ Figure Oh, No. 153
^ a b c d Hyper Hobby, October 2010
^ Otona Fami, No. 26
^ "残すは最終話!!そして・・・!|鳴瀬シュウヘイ オフィシャルブログ 「Shuhei Naruse blog」". 2010-08-23. Retrieved 2010-08-23.
^ a b "大黒摩季 シングル「Anything Goes!(仮)」11/17発売…テレビ朝日「仮面ライダーOOO」主題歌 - OOPS!". 2010-09-02. Retrieved 2010-09-03.
^ "新仮面ライダー『オーズ』、史上初“ファッションショー形式”でお披露目 ニュース-ORICON STYLE-". July 1, 2010. Retrieved 2010-07-01.
^ "大黒摩季、新仮面ライダーの主題歌担当 - 芸能 - SANSPO.COM". July 2, 2010. Retrieved 2010-07-04.
^ "<大黒摩季>「しぶとく生き残ってよかった」 仮面ライダー新作主題歌に決定(まんたんウェブ) - Yahoo!ニュース". July 1, 2010. Retrieved 2010-07-04.[dead link]
^ "Twitter / HurryKenn: 初公開! Anything Goes!のラップをやっ ...". September 26, 2010. Retrieved 2010-09-30.
^ "仮面ライダーオーズ エンディング曲完成!!|鳴瀬シュウヘイ オフィシャルブログ 「Shuhei Naruse blog」". 2010-10-02. Retrieved 2010-10-01.
^ "ナタリー - 仮面ライダーオーズ主演俳優、エンディング曲で歌手デビュー". 2010-10-02. Retrieved 2010-10-02.
^ a b "仮面ライダーオーズ/OOO 第7話 「ダメ亭主と罠と大当たり」|東映 [テレビ"]. 2010-10-10. Retrieved 2010-10-11.
^ "渡部 秀 公式ブログ/虫パワー - GREE". Retrieved 2010-10-09.
^ "渡部 秀 公式ブログ/からの~ - GREE". Retrieved 2011-01-12.
^ "仮面ライダーオーズ/OOO 第20話「囮(おとり)と資格と炎のコンボ」|東映[テレビ]". 2011-01-22. Retrieved 2011-01-22.
^ "Amazon.co.jp: 仮面ライダーOOO(オーズ)OST(仮): 中川幸太郎, TVサントラ: 音楽". Retrieved 2010-09-30.

Movie war Core


Kamen Rider × Kamen Rider OOO & W Featuring Skull: Movie War Core
From Wikipedia, the free encyclopedia Kamen Rider × Kamen Rider OOO & W Featuring Skull: Movie War Core

Promotional poster for Kamen Rider × Kamen Rider OOO & W Featuring Skull: Movie War Core
Directed by Ryuta Tasaki
Produced by Ishimori Productions
Toei
Written by Riku Sanjo
Toshiki Inoue & Yasuko Kobayashi
Narrated by Fumihiko Tachiki
Jōji Nakata
Starring Renn Kiriyama
Masaki Suda
Shu Watanabe
Koji Kikkawa
Hikaru Yamamoto
Minehiro Kinomoto
Kazuyoshi Ozawa
Naoko Kouda
Taro Yamamoto
Reon Kadena
Ryosuke Miura
Riho Takada
Takashi Ukaji
Sayako
Kengo Ohkuchi
Fumihiko Tachiki
Music by Shuhei Naruse
Kōtarō Nakagawa
Studio Toei
Distributed by Toei Co. Ltd
Release date(s) December 18, 2010
Running time 100 minutes
Country Japan
Language Japanese


Kamen Rider × Kamen Rider OOO & W Featuring Skull: Movie War Core (仮面ライダー×仮面ライダーオーズ&ダブル feat.スカル MOVIE大戦CORE Kamen Raidā × Kamen Raidā Ōzu ando Daburu fīcharingu Sukaru: Mūbī Taisen Koa?) is a 2010 film in the Kamen Rider Series, featuring the casts and characters of Kamen Rider W and Kamen Rider OOO. Originally announced in a teaser at the end of the film Kamen Rider W Forever: A to Z/The Gaia Memories of Fate, film was released in Japan on December 18, 2010.[1] The catchphrase for the movie is "Kamen Riders, to the inner core of the Earth." (仮面ライダー、地球の中心「核」(コア)へ。 Kamen Raidā, chikyū no chūshin koa e?).[2] Actor Taro Yamamoto guest stars in the film as the former partner of Sokichi Narumi, Koji Kikkawa reprising his role as the character.[3] Both Kikkawa and Maki Ohguro are tied to a theme song (and music video) for the film, recording the song "HEART∞BREAKER" under the band name "DaiKichi" (DaiKichi~大吉~?).[4] The character of Kamen Rider Birth made its debut in the films.[5]

Movie War Core opened at number 1 in Japanese box offices in its first weekend, unseating Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 from its two week position.[6]Contents [hide]
1 Story
2 Kamen Rider Core
3 Cast
3.1 Suit actors
4 Theme song
5 Notes
6 References
7 External links

[edit]
Story

Like Kamen Rider × Kamen Rider W & Decade: Movie War 2010, Movie War Core is split into three parts. The Kamen Rider W portion of the film, written by Riku Sanjo, is titled Kamen Rider Skull: Message for Double (仮面ライダースカル メッセージforダブル Kamen Raidā Sukaru: Messēji fō Daburu?). The story features Ryu Terui preparing for his wedding to Akiko Narumi. However, Shotaro Hidari and Philip are distracted by the presence of the male Pteranodon Yummy (プテラノドンヤミー Puteranodon Yamī?) who has somehow acquired the Memory Memory. The Pteranodon Yummy uses these powers to reveal to Shotaro and Philip how Shotaro's mentor Sokichi Narumi became Kamen Rider Skull with Shroud's aid,[7] along with his fight against the Spider Dopant (スパイダー・ドーパント Supaidā Dōpanto?) and Eren Komori who transforms into the Bat Dopant (バット・ドーパント Batto Dōpanto?). Both Dopants are an homage to the first two inhumanoids (Spider Man (蜘蛛男 Kumo Otoko?) and Bat Man (蝙蝠男 Kōmori Otoko?)) from the original Kamen Rider television series.[8]

The Kamen Rider OOO portion of the film, written by Toshiki Inoue, is titled Kamen Rider OOO: Nobunaga's Desire (仮面ライダーオーズ ノブナガの欲望 Kamen Raidā Ōzu Nobunaga no Yokubō?). The Kougami Foundation has discovered the mummified remains of Oda Nobunaga and have created a Cell Medal-based homonculus of the man with his memories. Dubbed Nobunaga (ノブナガ?), the Kougami Foundation place him in Eiji Hino's care. However, a bug in the computer software used to resurrect him causes Nobunaga to seek conquest of Japan, using the powers of three black Core Medals given to him by Kiyoto Maki to become a Greeed-like being. Eiji must stop Nobunaga before it is too late until another Pteranodon Yummy starts to interfere.[7]

In the final portion of the film entitled Movie War Core (MOVIE大戦CORE Mūbī Taisen Koa?), the evil energy-based giant Kamen Rider Core, is a magma energy-based monster created from the memories of all of the past Kamen Riders. Kamen Riders Double and OOO must team up to defeat Core before the Earth is destroyed.[7]
[edit]
Kamen Rider Core

Kamen Rider Core (仮面ライダーコア Kamen Raidā Koa?) is the main antagonist in the final portion of the film, the first evil Kamen Rider promoted entirely in CG. Kamen Rider Core is a giant magma-based monster created from the three black Core Medals (Sasori Medal (サソリメダル Sasori Medaru?), the Kani Medal (カニメダル Kani Medaru?), and the Ebi Medal (エビメダル Ebi Medaru?)) and the Memory Memory (メモリーメモリ Memorī Memori?), which has the memories of the past Kamen Riders and the Gaia Memory itself; his very appearance is based on all past Kamen Riders and he has the powers of the inner core itself. Because of this, Kamen Rider Core can burn anything within physical contact or use pyrokinetic powers such as firing a beam from his mouth strong enough to set a city on fire. Kamen Rider Core can also turn his lower half of his body into a motorcycle known as Bike Mode (バイク形態 Baiku Keitai?).
[edit]
Cast
W cast
Shotaro Hidari (左 翔太郎 Hidari Shōtarō?): Renn Kiriyama (桐山 漣 Kiriyama Ren?)
Philip (フィリップ Firippu?): Masaki Suda (菅田 将暉 Suda Masaki?)
Akiko Narumi (鳴海 亜樹子 Narumi Akiko?), Melissa (メリッサ Merissa?): Hikaru Yamamoto (山本 ひかる Yamamoto Hikaru?)[9]
Ryu Terui (照井 竜 Terui Ryū?): Minehiro Kinomoto (木ノ本 嶺浩 Kinomoto Minehiro?)
Mikio Jinno (刃野 幹夫 Jinno Mikio?): Takeshi Nadagi (なだぎ 武 Nadagi Takeshi?)
Shun Makura (真倉 俊 Makura Shun?): Shingo Nakagawa (中川 真吾 Nakagawa Shingo?)
Watcherman (ウォッチャマン Wotchaman?): Nasubi (なすび?)
Santa-chan (サンタちゃん Santachan?): Zennosuke Fukkin (腹筋 善之介 Fukkin Zennosuke?)
Queen (クイーン Kuīn?): Tomomi Itano (板野 友美 Itano Tomomi?, AKB48)
Elizabeth (エリザベス Erizabesu?): Tomomi Kasai (河西 智美 Kasai Tomomi?, AKB48)
Sokichi Narumi (鳴海 荘吉 Narumi Sōkichi?): Koji Kikkawa (吉川 晃司 Kikkawa Kōji?)
Shroud (シュラウド Shuraudo?, Voice): Naoko Kouda (幸田 直子 Kōda Naoko?)
Matsu (Seiichiro Matsui) (マツ(松井 誠一郎) Matsu (Matsui Seiichirō)?): Taro Yamamoto (山本 太郎 Yamamoto Tarō?)[9]
Sam (Isamu Bito) (サム(尾藤 勇) Samu (Bitō Isamu)?): Kazuyoshi Ozawa (小沢 和義 Ozawa Kazuyoshi?)
Stone (ストーン Sutōn?): Shiro Tsubuyaki (つぶやき シロー Tsubuyaki Shirō?)[10][11]
Eren Komori (小森 絵蓮 Komori Eren?): Reon Kadena (かでな れおん Kadena Reon?)[9]
Kozo Yaguchi (矢口 孝三 Yaguchi Kōzō?): Kenta Satoi (佐戸井 けん太 Satoi Kenta?)
Yaguchi's Wife (矢口の妻 Yaguchi no Tsuma?): Wakana Nakano (中野 若菜 Nakano Wakana?)
Akiko Narumi (young) (鳴海 亜樹子(幼少期) Narumi Akiko (Yōshōki)?): Saho Ueda (上田 紗帆 Ueda Saho?)
Shotaro Hidari (young) (左 翔太郎(幼少期) Hidari Shōtarō (Yōshōki)?): Issei Kakazu (嘉数 一星 Kakazu Issei?)
Marina Tsumura (young) (津村 真里奈(幼少期) Tsumura Marina (Yōshōki)?): Emiri Yagi (八木 瑛美莉 Yagi Emiri?)
Gaia Memory Voice (ガイアメモリ音声 Gaia Memori Onsei?): Fumihiko Tachiki (立木 文彦 Tachiki Fumihiko?)
OOO cast
Eiji Hino (火野 映司 Hino Eiji?): Shu Watanabe (渡部 秀 Watanabe Shū?)
Ankh (アンク Anku?): Ryosuke Miura (三浦 涼介 Miura Ryōsuke?)
Hina Izumi (泉 比奈 Izumi Hina?): Riho Takada (高田 里穂 Takada Riho?)
Kousei Kougami (鴻上 光生 Kōgami Kōsei?): Takashi Ukaji (宇梶 剛士 Ukaji Takashi?)
Shintaro Goto (後藤 慎太郎 Gotō Shintarō?): Asaya Kimijima (君嶋 麻耶 Kimijima Asaya?)
Erika Satonaka (里中 エリカ Satonaka Erika?): Mayuko Arisue (有末 麻祐子 Arisue Mayuko?)
Kiyoto Maki (真木 清人 Maki Kiyoto?): Yu Kamio (神尾 佑 Kamio Yū?)
Chiyoko Shiraishi (白石 千世子 Shiraishi Chiyoko?): Marie Kai (甲斐 まり恵 Kai Marie?)
Uva (ウヴァ?, Voice): Yūsuke Yamada (山田 悠介 Yamada Yūsuke?)
Kazari (カザリ?, Voice): Taito Hashimoto (橋本 汰斗 Hashimoto Taito?)
Gamel (ガメル Gameru?, Voice): Hiroyuki Matsumoto (松本 博之 Matsumoto Hiroyuki?)
Mezool (メズール Mezūru?, Voice): Yukana (ゆかな?)
Nobunaga (ノブナガ?): Kengo Ohkuchi (大口 兼悟 Ōkuchi Kengo?)[9]
Yoshino Akechi (明智 よしの Akechi Yoshino?): Sayako (彩也子?)[9]
Pteranodon Yummy (Male) (プテラノドンヤミー(雄) Puteranodon Yamī (Osu)?, Voice): Yoshimitsu Shimoyama (下山 吉光 Shimoyama Yoshimitsu?)
Pteranodon Yummy (Female) (プテラノドンヤミー(雌) Puteranodon Yamī (Mesu)?, Voice): Ami Michizoe (道添 愛美 Michizoe Ami?)
Armored Warrior Inhumanoid (鎧武者怪人 Yoroi Musha Kaijin?, Voice): Keikō Sakai (酒井 敬幸 Sakai Keikō?)
"Dinosaur Greeed" (恐竜グリード Kyōryū Gurīdo?, Voice): Kenji Hamada (浜田 賢二 Hamada Kenji?)[Note 1]
O Scanner Voice (オースキャナー音声 Ōsukyanā Onsei?): Akira Kushida (串田 アキラ Kushida Akira?)
Birth Driver Voice (バースドライバー音声 Bāsu Doraibā Onsei?): Jōji Nakata (中田 譲治 Nakata Jōji?)
The President of Future Soft (フューチャーソフト社長 Fyūchā Sofuto Shachō?): Masayuki Itō (伊藤 正之 Itō Masayuki?)
Employee of Future Soft (フューチャーソフト社員 Fyūchā Sofuto Shain?): Teruaki Ogawa (小川 輝晃 Ogawa Teruaki?)
Gen-san (源さん?): Kōji Ise (伊勢 浩二 Ise Kōji?)
Naomi (直美?): Yuka Motohashi (本橋 由香 Motohashi Yuka?)
Commercial Director (CM監督 Shī Emu Kantoku?): Satoshi Morota (諸田 敏 Morota Satoshi?)
Movie War Cast
Kamen Rider Core (仮面ライダーコア Kamen Raidā Koa?, Voice): Fumihiko Tachiki (立木 文彦 Tachiki Fumihiko?)[12]
[edit]
Suit actors
Kamen Rider Double, Kamen Rider OOO: Seiji Takaiwa (高岩 成二 Takaiwa Seiji?)
Kamen Rider Skull, Kamen Rider Accel, Ankh, Kamen Rider Birth: Eitoku (永徳?)
Shroud: Yūki Ono (小野 友紀 Ono Yūki?)
Uva: Kazuya Okada (岡田 和也 Okada Kazuya?)
Kazari, Armored Warrior Inhumanoid, Kamen Rider Double: Jun Watanabe (渡辺 淳 Watanabe Jun?)
Gamel, Spider Dopant, Pteranodon Yummy (Male): Masashi Takada (高田 将司 Takada Masashi?)
Mezool, Pteranodon Yummy (Female): Satoshi Fujita (藤田 慧 Fujita Satoshi?)
Bat Dopant: Hiroaki Nakamura (中村 博亮 Nakamura Hiroaki?)
[edit]
Theme song
"HEART∞BREAKER"[4]
Lyrics & Arrangement: Maki Ohguro
Composition: Koji Kikkawa
Artist: DaiKichi (Daikichi~大吉~?)
Daikichi is a musical unit composed of Koji Kikkawa and Maki Ohguro using the first kanji of their surnames. This name is literally translated as "Great Luck". The unit was originally named "Koji Kikkawa × Maki Ohguro" (吉川晃司×大黒摩季 Kikkawa Kōji × Ōguro Maki?).[13] The single is scheduled for release on December 15, 2010.

The film's soundtrack was released on December 15, 2010.[14] The soundtrack also includes a track titled "Finally", sung by series' actress Hikaru Yamamoto as her character Melissa. The song was written & arranged by Shoko Fujibayashi, and composed by Shuhei Naruse. This song appears during the Kamen Rider Skull: Message for Double portion of the film, where the character of Melissa performs at a concert.
[edit]
Notes
^ Hamada's role is credited as "Dinosaur Greeed" (恐竜グリード Kyōryū Gurīdo?) in the film's credits. The name "Giru" (ギル?) is mentioned during the course of the film.
[edit]
References
^ "CINEMA GINSEI /シネマハーヴェストウォーク". September 5, 2010. Retrieved September 5, 2010.
^ "スカルの雄姿! 仮面ライダーオーズ&ダブル MOVIE大戦CORE メインビジュアル公開: OCNアニメ・特撮公式ブログ OCNアニメニュース". September 21, 2010. Retrieved 2010-09-21.
^ "仮面ライダーW&オーズ揃い踏み 吉川晃司、花嫁の父親役に戸惑い". Oricon. 2010-09-26. Retrieved 2010-09-26.
^ a b "大黒摩季 : 「アゲアゲのまま」活動休止 吉川晃司も「早く帰って」ライダー主題歌収録". 2010-10-31. Retrieved 2010-10-31.
^ Hyper Hobby, January 2011
^ "映画ランキング - goo 映画". Retrieved 2010-12-20.
^ a b c "仮面ライダースカルが再登場! さらに仮面ライダーコアも! 仮面ライダーMOVIE大戦: OCNアニメ・特撮公式ブログ OCNアニメニュース". September 17, 2010. Retrieved 2010-09-17.
^ Figure-Oh, No. 153
^ a b c d e Uchusen, Vol. 130
^ Hyper Hobby, December 2010
^ Toei Hero Max, Vol. 35
^ Otonafami, No. 27
^ "ナタリー - 吉川晃司×大黒摩季が仮面ライダー主題歌で初タッグ". 2010-10-18. Retrieved 2010-10-18.
^ "【楽天市場】中川幸太郎(音楽)/仮面ライダー×仮面ライダー オーズ&ダブル feat.スカル MOVIE大戦CORE オリジナルサウンドトラック: ぐるぐる王国DS 楽天市場店". November 2, 2010. Retrieved 2010-11-02.

Kamis, 24 Februari 2011

Swansea,

Your  face like the sun at noon,
if  you see my heart is pounding,
you are a spirit in my life,
you are a star shining on my evening,
I know I'm hard to have you,
but please accept this chocolate gift to you as a special gift from me on this Valentine's Day,
happy valentine's day,
I hope that although we can not be together but we can become good friends . . .

KTI

KATA PENGANTAR


Hanya milik Tuhan Semesta Alam lautan, ilmu dan dengan kemurahan- Nya kita mendapatkan limpahan ilmu milik-Nya untuk mengolah sebagian kekayaan yang diberikan kepada kita. Sungguh sayang, jika kekayaan yang telah dibentangkan di hadapan kita tidak dimanfaatkan dengan optimal. Perairan sebagai media tumbuh senantiasa memberikan cukup nutrien bagi tanaman. Pandangan tersebut memang benar, tetapi dalam peningkatan kualitas produksi tidak cukup mengandalkan lingkungan. Teknik budidaya interfensi manusia pada lingkungan hidup tanaman terbukti menciptakan hasil - hasil produksi yang jauh dua kali lipat lebih besar dalam waktu yang singkat. Indonesia merupakan salah satu Negara tropika yang terkenal dengan kelapa yang berlimpah, bahkan menjadi pengekspor terbesar. Kelapa sangat banyak manfaatnya dimulai dari daun, batang, buah, akar, dan bunga kelapa. Penggunaan median air kelapa karena air kelapa merupakan penghasil hormon pertumbuhan.
Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada senior – senior yang telah membimbing kami sehingga karya tulis yang sederhana ini dapat dibuat dengan sebagaimana mestinya dan kepada saudara – saudara dan teman – teman yang menemani dan mendukung pembuatan karya tulis ilmiah ini hingga selesai. Kami menyadari dalam penulisan karya tulis ilmiah ini masih memiliki kekurangan dan sangat jauh dari cukup, oleh karena itu kami menerima kritik, saran, maupun masukan – masukan dari pada pembaca agar dapat memperbaiki kesalahan untuk selanjutnya . Terimakasih sebelumnya, semoga karya tulis ilmiah yang kami buat ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.



Palangka Raya, Februari 2011


Penulis


I PENDAHULUAN


Kegiatan budidaya rumput laut di Indonesia pada awalnya digalakkan secara intensif,namun dinamika ini terus berkembang sejalan kemajuan sains dan teknologi. Kini rumput laut dibudidayakan secara intensif, karena keadaan alamnya yang berupa perairan pantai maupun karangnya yang sangat potensial untuk budidaya rumput laut. Rumput laut ( Seaweed ) mempunyai nilai ekonomis dan sosial yang tinggi bagi masyarakat pesisir. Nilai ekonomis tersebut dikarenakan rumput laut banyak menghasilkan karaginan, agar, dan alginat.  Potensi rumput laut ini tersebar di seluruh perairan Indonesia kurang lebih 2 juta Ha yang dapat digunakan efektif seluruhnya secara efektif untuk budidaya. Kelapa merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat mulai dari daun, batang, buah ( daging dan air ) dan kelapa merupakan salah satu komoditas ekspor di Indonesia. Pemanfaatan kelapa dikalangan masyarakat sudah berkurang. Salah satu bagian yang kurang dimanfaatkan secara optimal.
Salah satu bagian yang tidak dimanfaatkan masyarakat secara optimal adalah airnya, misalnya pengolahan minyak kelapa skala rumah tangga. Sekarang air kelapa tersebut sudah tidak dimanfaatkan dengan baik, padahal hormon pertumbuhan yang dapat memacu pertumbuhan daripada tanaman. Hormon yang terkandung dalam air kelapa yaitu sitokinin, auksin dan giberelin, yang berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman. Auksin berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan, sedangkan sitokinin adalah hormon turunan dari adenin yang berfungsi untuk pembelahan sel dan diferesiansi mitosis, disintesis pada ujung akar dan translokasi pada pembuluh xilem. Giberelin merupakan hormon tumbuh alami pada tanaman yang bersifat sintesis dan berperan mempercepat perkecambahan. Besar kemungkinan air kelapa juga mampu menjadi hormon pertumbuhan bagi E. cottoni dan hal ini sangat penting untuk dibuktikan secara ilmiah.





Penggunaan media air kelapa ini didasarkan pada pemanfaatan kelapa yang kurang optimal dikalangan masyarakat, misalnya pada industri kopra, pasar tradisional dan pengolahan minyak skala rumah tangga. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dari kalangan masyarakat tentang manfaat dari kelapa. Padahal didalam kelapa tekandung banyak manfaat dari hasil maupun limbahnya. Banyaknya limbah kelapa yang tidak dimanfaatkan maka dari itu perlu adanya teknologi dalam pemanfaatan limbah tersebut. Rumusan dalam penulisan ilmiah ini meliputi:

Maksud dan tujuan dalam penulisan ilmiah ini yaitu :

Manfaat penelitian dalam penulisan ilmiah ini yaitu :

Data – data yang diperoleh dengan pengumpulan data yang didapat dari internet, buku, majalah, koran, jurnal ilmiah nasional dan internasional . Karya tulis ini ditulis dan dibuat dengan menggunakan aturan Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas. Pokok bahasan yang diambil  meliputi:
1.   Budidaya rumput laut terutama E. cottoni.
2.   Pertumbuhan kelapa yang merupakan tumbuhan endemic
3.   Kandungan hormon air kelapa sebagai stimulan rumput laut E.cottonii
4.   Pemanfaatan air kelapa sebagai zat pengatur tumbuh untuk kencur.
5.   Pengaruh air kelapa sebagai hormon alami terhadap tanaman
anggrek.

Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan cara

1.6 Hipotesa
            Penggunaan media air kelapa memang dapat dilakukan terhadap semua jenis tumbuhan. Penggunaan media air kelapa untuk tanaman-tanaman yang hidup di perairan laut sebagai media tumbuh dapat dipandang senantiasa memberikan cukup nutrien bagi pertumbuhan tanaman, dalam rangka meningkatkan kualitas produksi, tidak cukup hanya mengandalkan lingkungan yang bersifat alami akan tetapi teknik budidaya dengan memanfaatkan limbah air kelapa untuk mengoptimalkan produksi budidaya rumput laut sekaligus untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir yang menjadi pokok bahasan yang menarik untuk dipecahkan.



II TINJAUAN PUSTAKA
Kelapa adalah salah satu jenis tumbuhan dari keluarga Arecaceae . Kelapa adalah satu-satunya spesies dalam genus Cocos, dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah pohon ini yang berkulit keras dan berdaging warna putih.
Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan     : Plantae
Divisi           : Magnoliophyta
Kelas            : Liliopsida
Ordo            : Arecales
Famili          : Arecaceae
Genus         : Cocos
Jenis            : Cocos nucifera
Kelapa merupakan tanaman endemik yang sebagian besar ada di daerah di Indonesia, yang sangat mudah tumbuh dalam keadaan apapun. Manfaat kelapa sangat banyak sekali mulai dari buah, batang, daun, dan akarnya. Kelapa sekarang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, sebab kelapa memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari pohon kelapa yakni, daun kelapa dalam masyarakat Bali sangat bermanfaat karena daun kelapa yang masih muda dapat digunakan dalam upacara keagamaan, misalnya dalam pembuatan banten yang merupakan simbol terima kasih kepada Tuhan. Batang kelapa juga memiliki manfaat yang ekonomis yakni sebagai bahan bangunan yang biasanya digunakan dalam pembuatan rumah. Buah kelapa memiliki banyak manfaat mulai dari daging, tempurung, dan airnya. Daging buah kelapa sudah banyak dimanfaatkan sebagai produksi kopra yang sudah marak di kalangan masyarakat sekarang. Air kelapa mengandung antioksidan dan hormon pertumbuhan.
Antioksidan adalah penahan radikal bebas bagi tubuh. Antioksidan ini akan menghentikan reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh bergantung pada jenis antioksidannya. Beberapa hormon yang terkandung dalam air kelapa yaitu auksin, sitokinin, dan giberelin. Hormon tersebut dapat berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman, seperti auksin berfungsi sebagai pembesaran sel, sintesis kromosom, serta pertumbuhan aksis longitudinal tanaman, gunanya untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan. Hormon sitokinin merupakan hormon turunan dari adenin yang berfungsi dalam hal pembelahan sel dan diferesiansi mitosis, disintesis pada ujung akar dan translokasi pada pembuluh xilem. Giberelin merupakan hormon tumbuh alami pada tanaman yang bersifat sintesis dan berperan mempercepat perkecambahan.

Wilayah sebaran rumput laut yang tumbuh alami (wild stock) hampir terdapat di seluruh perairan dangkal laut Indonesia yang mempunyai rataan terumbu karang. Lokasi budidaya E. cottoni tersebar di perairan pantai dibeberapa pulau yakni di kepulauan Riau, Bangka-Belitung, Lampung selatan, Pulau Panjang, Pulau seribu, Nusa Dua, Nusa Lembongan, Nusa Penida, Lombok dan masih banyak pulau -pulau yang membudidayakan E. cottonii (Anggadiredja et al, 2009). Berdasarkan kandungan pigmennya, rumput laut dikelompokkan menjadi 4 kelas yaitu : Rhodophyceae (ganggang merah), Phaeophyceae (ganggang cokelat), Chlorophyceae (ganggang hijau), Cyanophyceae (ganggang biru hijau). Beberapa jenis rumput yang bernilai ekonomi sejak dulu sudah diperdagangkan yaitu Eucheuma sp., Hynea sp., Gracillaria sp., dan Gelidium sp., dari kelas Rhodophyceae serta Sargassum sp., dari kelas Phaeophyceae. Sejak tahun 1986 sampai sekarang jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan di Kepualauan Seribu adalah jenis E. cottonii. Rumput laut jenis E.cottonii ini juga dikenal dengan nama Kappaphycus alvarezii.
Dawes dalam Kadi dan Atmadja (1988) menjelaskan bahwa secara taksonomi rumput laut jenis Eucheuma dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Divisi   :     Rhodophyta
Kelas    :     Rhodophyceae
Ordo    :     Gigartinales
Famili :     Solieriaceae
Genus :     Eucheuma
Jenis    :     Eucheuma cottonii
Genus Eucheuma merupakan istilah populer di bidang niaga untuk jenis rumput laut penghasil karaginan. Nama istilah ini resmi bagi spesies Eucheuma yang ditentukan berdasarkan kajian filogenetis dan tipe karaginan yang terkandung di dalamnya. Jenis Eucheuma ini juga dikenal dengan Kappaphycus (Doty, 1987 dalam Yusron, 2005). Ciri-ciri E. cottonii adalah thallus dan cabangcabangnya berbentuk silindris atau pipih, percabangannya tidak teratur dan kasar (sehingga merupakan lingkaran) karena ditumbuhi oleh nodulla atau spine untuk melindungi gametan. Ujungnya runcing atau tumpul berwarna coklat ungu atau hijau kuning. Spina E. cottonii tidak teratur menutupi thallus dan cabangcabangnya. Permukaan licin, cartilaginous, warna hijau, hijau kuning, abau-abu atau merah. Penampakan thallus bervariasi dari bentuk sederhana sampai kompleks (Ditjenkan Budidaya, 2004).
Penanaman rumput laut Eucheuma sp. dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Ada tiga metode yang sudah dikenal masyarakat, yaitu :
1) Metode Dasar (bottom method)
Penanaman dengan metode ini dilakukan dengan mengikat bibit tanaman yang telah dipotong pada karang atau balok semen kemudian disebar pada dasar perairan. Metode dasar merupakan metode pembudidayaan rumput laut dengan menggunakan bibit dengan berat tertentu.
2) Metode Lepas Dasar (off-bottom method)
            Metode ini dapat dilakukan pada dasar perairan yang terdiri dari pasir sehingga mudah untuk menancapkan patok/pancang. Metode ini sulit dilakukan pada dasar perairan yang berkarang. Bibit diikat dengan tali rafia yang kemudian  diikatkan pada tali plastik yang direntangkan pada pokok kayu atau bambu. Jarak antara dasar perairan dengan bibit yang akan dilakukan berkisar antara 20-30 cm. Bibit yang akan ditanam berukuran 100-150 gram, dengan jarak tanam 20-25 cm. Penanaman dapat pula dilakukan dengan jaring yang berukuran yang berukuran 2,5x5 m2 dengan lebar mata 25-30 cm dan direntangkan pada patok kemudian bibit rumput laut diikatkan pada simpul-simpulnya.
3) Metode Apung (floating method)/ Longline
            Metode ini cocok untuk perairan dengan dasar perairan yang berkarang dan pergerakan airnya di dominasi oleh ombak. Penanaman menggunakan rakit - rakit dari bambu sedang dengan ukuran tiap rakit bervariasi tergantung dari ketersediaan material, tetapi umumnya ukuran yang digunakan 2,5 x 5 m untuk memudahkan pemeliharaan, pada dasarnya metode ini sama dengan metode lepas dasar hanya posisi tanaman terapung dipermukaan mengikuti gerakan pasang surut yang befungsi mempertahankan rakit, agar tidak hanyut digunakan pemberat dari batu atau jangkar. Penghematan area dapat dilakukan dengan, beberapa rakit dapat dijadikan menjadi satu dan tiap rakit diberi jarak 1 meter untuk memudahkan dalam pemeliharaan. Bibit diikatkan pada tali plastik dan atau pada masing-masing simpul jaring yang telah direntangkan pada rakit tersebut dengan ukuran berkisar antara 100-150 gram.
            Zatnika Achmad, 2009, mengatakan bibit yang akan ditanam harus berkualitas baik agar tanaman dapat tumbuh sehat. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pemilihan bibit tersebut yakni dengan kriteria sebagai berikut:
Sudradjat, 2008, menjelaskan bahwa waktu yang diperlukan oleh tanaman dalam mencapai tingkat kadungan bahan utama maksimal merupakan patokan dalam menentukan waktu panen. Rumput laut jenis E. cottonii memiliki kandungan keragenan yang optimal setelah mencapai pemeliharaan selama 45 hari, pemanenan rumput laut sebaiknya dilakukan setelah 45 hari. Panen rumput laut untuk bibit dapat dilakukan umur tanaman berkisar 23 – 25 hari. Panen sebaiknya dilakukan pada cuaca yang cerah agar kualitas rumput laut yang dihasilkan akan terjamin.
Panen dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni secara selektif atau parsial dan secara keseluruhan. Panen secara selektif dilakukan dengan cara memotong tanaman secara langsung tanpa melepas ikatan dari tali ris. Keuntungan ini adalah penghematan tali raffia pengikat rumput laut, tetapi memerlukan kinerja yang relatif lama. Cara panen keseluruhan dilakukan dengan mengangkat seluruh tanaman sekaligus sehingga waktu kerja yang dilakukan relatif lebih singkat dibanding cara panen sebelumnya. Rumput laut yang mempunyai banyak manfaat dapat digunakan dalam industri pangan dan non pangan.
Industri pangan E. cottonii salah satu produksinya adalah jelly yang merupakan makanan paling sederhana yang dibuat dari agar atau keragenan. Jelly diproduksi biasanya dicampur dengan buah – buahan, ekstrak buah, atau bubur kacang – kacangan pada industri rumah tangga. Industri makanan dalam kaleng, seperti daging dan ikan dalam kaleng, memerlukan bahan pengental, pembentuk gel, serta pensuspensi dengan memanfaatkan agar dan keragenan. Produksi agar-agar memiliki kelebihan dibandingkan dengan keragenan, di mana agar mempunyai kemampuan melting temperatur dan gel strength lebih tinggi, industri non pangan penggunaan agar dan keragenan di antaranya pada industri makanan ternak, keramik, cat, tekstil, kertas, dan pembuatan film.

            2.3 Pendapat Air Kelapa Masalah Terdahulu
                Junairiah dan Fatimah (2004), dalam penelitianya mengatakan bahwa tentang pemanfaatan air kelapa sebagai zat pengatur tumbuh alami untuk pertumbuhan kencur ternyata membuahkan hasil yang cukup bagus. Dilihat dari pertumbuhan tunas diketahui bahwa sitokinin terbukti dapat memacu diferensiasi jaringan tunas (Hendaryono,1994). Perbedaan jumlah daun juga disebabkan oleh hormone sitokinin dalam air kelapa yang dapat memacu terjadinya organogenesis sehingga jumlah daun yang terbentuk lebih banyak dan sitokinin dapat mensimulasi pertumbuhan tunas dan daun (Abidin,1985).
Hormon sitokinin juga berpengaruh terhadap panjang daun karena sitokinin dapat memacu pembelahan sel sehingga ukuran panjang daun menjadi bertambah. Lebar daun juga dipengaruhi oleh hormon sitokinin. Dalam hal ini, sitokinin berperan aktif untuk mendorong pembelahan sel karena hormon ini mempengaruhi asam nukleat sehingga langsung mempengaruhi sintesis protein dan mengatur aktivitas enzim (Hendaryono dan Wijayani,1994). Berdasarkan hasil yang didapat, ternyata air kelapa sebagai zat pengatur tubuh alami untuk tanaman kencur yang mengandung hormon sitokinin dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman kencur. Air kelapa salah satu bahan alami yang didalamnya terkandung hormon sitokinin 5,8 mg/l, auksin 0,07 mg/l, dan giberilin dalam jumlah sedikit serta senyawa lain yang dapat menstimulasi perkecambahan dan pertumbuhan.
Sehubungan dengan lamanya waktu yang diperlukan untuk berkecambah dan peranan giberilin dalam memacu perkecambahan biji, begitu juga dengan peran air kelapa dalam perkecambahan maka dilakukannya penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian giberilin dan air kelapa terhadap biji anggrek bulan. Menurut Yusnida Bey, dkk, (2006) mengatakan bahwa pengaruh pemberian giberilin dan air kelapa terhadap perkecambahan bahan biji anggrek bulan dengan konsentrasi tertentu berpengaruh positif terhadap pertumbuhan perkecambahan biji anggrek bulan. Pertumbuhan tersebut dapat dilihat saat munculnya daun, akar, dan tinggi kecambah. Ternyata hasil yang didapat menunjukan bahwa air kelapa dan giberilin berpengaruh positif terhadap perkecambahan biji anggrek bulan. Tanaman kelapa (C. nucifera L.) merupakan tanaman yang serba guna, baik untuk keperluan pangan maupun nonpangan. Setiap bagian dari tanaman kelapa,dari akar hingga pucuk daun, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Daging buah merupakan lapisan tebal berwarna putih. Bagian ini mengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah . Selama perkembangannya, buah kelapa secara kontinyu mengalami kenaikan berat. Ukuran berat maksimum tercapai pada bulan ketujuh, saat itulah jumlah air kelapa mencapai titik maksimal.
Zaman sekarang air kelapa sudah jarang dimanfaatkan secara optimal. Industri kopra dan minyak berskala rumah tangga sudah tidak memanfaatkan kelapa dengan baik, padahal banyak manfaat yang ada di dalam air kelapa salah satunya adalah mengandung hormon pertumbuhan. Morel (1974) mengatakan air kelapa mengandung hormon sitokinin 5,8 mg/l, auksin 0,07 mg/l dan giberelin sedikit sekali serta senyawa lain yang dapat menstimulasi perkecambahan dan pertumbuhan. Hormon sitokinin sangat berperan penting dalam pembelahan sel, bahkan juga bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman (Wattimena,1998; Hariyadi, 2002). Hendaryano (1994) mengatakan bahwa sitokinin juga terbukti memacu deferensiasi dari jaringan tunas. Tunas dapat tumbuh dari jaringan kalus , daun, akar dan potongan batang atau kotiledon. Sitokinin dalam air kelapa juga dapat memacu terjadinya organogenesis yang dapat mempercepat pertumbuhan daun (Abidin, 1998). Selain berfungsi sebagai diferensiasi tunas adventif dan organ, juga berfungsi dalam sintesis protein dan pembelahan sel dengan adanya sitokinin maka bobot basah tanaman semakin bertambah. Hormon auksin berfungsi untuk merangsang pembesaran sel, sintesis DNA kromosom, serta pertumbuhan aksis longitudinal dan juga untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan. Giberelin atau sering disebut asam giberelat (GA) merupakan hormon perangsang pertumbuhan tanaman yang diperoleh dari Gibberella fujikuroi, aplikasi untuk memicu munculnya bunga. Murniati dan Zuhri (2002) mengungkapkan bahwa giberelin mampu mempercepat pertumbuhan biji kopi.
Rumput laut adalah salah satu sumberdaya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Sumber daya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak.Faktor ekologi yang diperhatikan adalah arus, kondisi dasar perairan, kedalaman, salinitas dan kecerahan. Arus air dapat membantu menghindari kotoran pada thallus, membantu pengudaraan dan mencegah fluktuasi. Kondisi perairan yang baik untuk rumput laut E. cottonii adalah perairan yang mempunyai dasar pecahan – pecahan karang dan pasir. Kedalaman perairan yang baik untuk rumput laut E. cottonii adalah 30 – 60 cm pada waktu surut terendah. Kadar salinitas yang baik berkisar antara 28 – 35 ppt dengan nilai optimum adalah 33 ppt. Rumput laut juga memerlukan cahaya matahari sebagai sumber energi guna pembentukan bahan organik yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Sistem budidaya rumput laut ada 3 metode yang sering digunakan oleh pembudidaya yaitu metode lepas dasar (off bottom method), rakit apung (floating rack method), dan rawai (long line method). Bibit yang baik digunakan dalam budidaya adalah thallus yang masih muda bercabang banyak dan rimbun, bibit tanaman harus sehat dan tidak terserang penyakit ice – ice, bibit E. cottonii harus terlihat segar dan berwarna cerah, bibit seragam tidak boleh tercampur dengan bibit jenis lain, serta bibit diupayakan seragam sekitar 100 gram per ikatan/rumpun. Kualitas rumput laut yang siap panen harus memiliki agar, keragenan, alginat dengan kadar yang tinggi, karena ketiga kandungan tersebut dapat menambah nilai ekonomis yang dapat digunakan dalam olahan pangan maupun non pangan, misalnya olahan pangan yaitu jelly yang merupakan makanan paling sederhana yang dibuat dari agar atau keragenan. Jelly diproduksi yang biasanya dicampur dengan buah – buahan, ekstrak buah, atau bubur kacang – kacangan pada industry rumah tangga dan olahan non pangan misalnya pakan ternak, keramik, cat dan tekstil. Pemanfaatan limbah air kelapa guna peningkatan kualitas produksi budidaya rumput laut. Namun, hasil dari budidaya rumput laut belum optimal karena kurangnya teknologi tentang rumput laut sehingga pendapatan penduduk pesisir kurang optimal. Salah satu teknologi pemanfaatan yang bisa dimanfaatkan yaitu penggunaan media air kelapa yang mengandung hormon alami.
Data peningkatan produksi rumput laut desa Patas setelah memanfaatkan media air kelapa sebagai media pengkaya budidaya rumput laut E. cottonii ditunjukkkan dengan meningkatnya produksi berat basah seperti terlihat pada Tabel berikut :
Tabel laju pertumbuhan rumput laut E. Cottoni dengan menggunakan air kelapa.
No
  Minggu
Laju Pertumbuhan (gr)
Wo (gr)
Wt (gr)
G (gr)
Keterangan
1
I
100
125,7
3,67

2
II
100
239
9,92

3
III
100
259
7,75

4
IV
100
279
6,3


Dari tabel di atas, diketahui bahwa berat awal rumput laut 100 gr, mengalami pertumbuhan sebanyak 25,7 gr sehingga total berat pada Minggu pertama 125,7 gr dan laju pertumbuhannya 3,67 gr. Pada Minggu kedua bobot rumput laut bertambah 113,3 gr menjadi 239 gr dari berat total Minggu awal dengan laju pertumbuhannya 9,92 gr. Di sini tampak perbedaan pertumbuhan yang sangat signifikan dari Minggu pertama ke Minggu kedua, sedangkan pada Minggu ketiga berat rumput laut menjadi 259 gr mengalami pertambahan berat 20 gr dari Minggu ke dua yang beratnya 239 gr dan laju pertumbuhannya sebesar 7,75 gr. Minggu terakhir yakni Minggu ke empat mengalami pertambahan berat seperti pada Minggu kedua sebesar 20 gr menjadi 279 gr dan laju pertumbuhannya sebesar 6,3 gr. Pertumbuhan dari Minggu kedua sampai Minggu keempat tidak terlalu signifikan seperti pada Minggu awal sampai Minggu ke dua. Ini berarti pengaruh perendaman bibit rumput laut pada air kelapa optimal dalam jangka waktu tertentu.
IV KESIMPULAN DAN SARAN

                Kesimpulan yang didapat dari penulisan ini adalah:

5.2 Saran
Upaya memanfaatkan limbah air kelapa di masyarakat luas gunapeningkatan produksi rumput laut yang berkualitas untuk menunjang produksi budidaya rumput laut secara optimal.













V DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Zainudin. 1985. Dasar – Dasar Pengetahuan Tentang Zat Pengatur Tumbuh. Bandung. Angkasa.
Istini, Susilowati,dkk. 2009. Rumput Laut.  Jakarta.Penebar Swadaya.
Ngatifah, Nina, dkk. 2005. Pengaruh Pemberian Giberelin Pada  Media Vacint dan Went Terhadap Perkecambahan Biji Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis BL) secara In Vito Jurnal Biogenesis. Jakarta.  Penebar Swadaya.
Dinna ,Sofia. 2005. Antioksidan dan Radikal Bebas.  Lampung. Majalah ACID FMIPA.
Hariyadi, P. 2002, Air Kelapa Sebagai Minuman Isotonik Alami.  Bogor. Kompas.
Hendaryono, DPS dan Wijayani, Asri. 1994. Teknik Kultur Jaringan. Yogyakarta. Kanisius.
Hernani, Aprita dan Rahardjo, Mono. 2006. Tanaman Berkhasiat Antioksidan. Jakarta. Penebar Swadaya.
Junairiah dan Fatimah. 2004. Pemanfaatan Air Kelapa Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Alami Untuk Pertumbuhan Kencur (Kaemferia galangal L.). Bandung. Setia Pustaka.